-7%

Tipologi dan Respon Terhadap Informasi Menurut Alquran

Rp70.000 Rp75.000

Di jaman yang penyebaran informasi sangat cepat dan tak terbendung saat ini kita perlu melakukan filter secara mandiri agar informasi yang kita terima dan bagikan adalah informasi yang benar-benar valid.

Dalam buku ini, penulis yang merupakan lulusan IAIN (sekarang UIN) Semarang menjelaskan bagaimana kita harus merespon informasi sesuai dengan al-Quran.

Halaman : 132
Penulis : Zaim Ahya

Melalui empat term yang bermakna (paling tidak berdekatan) informasi, yakni term naba’, term khabar, term hadis dan term ifk, penulis buku ini mencoba memetakan tipologi informasi sekalligus menggali bagaimana pesan Alquran kepada manusia saat menerima informasi.

Dalam buku ini dijelaskan, tiga term yang disebut diawal, walaupun secara sekilas bermakna sama, namun jika dilihat dari makna dasar dan penggunaannya dalam Alquran, terdapat beberapa perbedaan. Term naba’ sering diartikan dengan informasi yang penting, yang tak diragukan lagi kebenarannya atau kemungkinan kebenarannya kuat. Berbeda dengan term khabar. Term ini secara bahasa bermakna informasi secara umum, entah itu benar atau salah dan penting atau tidak penting. Begitu juga dengan term hadis, yang juga memuat informasi secara umum. Dari empat term di atas, adalah term ifk, yang secara khusus bermakna informasi bohong.

Perbedaan term-term tersebut tidaklah berhenti pada makna bahasa. Penggunaan term-term itu dalam Alquran, secara umum juga memiliki perbedaan. Misalnya term naba’ digunakan untuk menunjuk informasi umat terdahulu, informasi eskatologi dan informasi yang menyangkut orang banyak. Berbeda dengan term khabar dan hadis. Dua term ini digunakan dalam berbagai informasi. Term hadis kadang digunakan untuk menunjuk Alquran yang memuat informasi mulia, namun juga kadang digunakan untuk menggambarkan informasi yang tak penting. Hal ini terjadi ketika term hadis digandengkan dengan term lagwh. Kekhususan ini juga terjadi pada penggunaan term ifk. Terkait informasi term ini digunakan khusus untuk informasi bohong.

Penulis juga melangkah lebih jauh dengan menggali bagaimana respon terhadap informasi menurut Alquran, seperti cara verifikasi informasi dan share informasi. Penulis berusaha pula mengontektualisasikan temuannya itu dengan masyarakat informasi saat ini.

Berat 200 g
5
0 %
0
4
0 %
0
3
0 %
0
2
0 %
0
1
0 %
0

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Tipologi dan Respon Terhadap Informasi Menurut Alquran”
Review now to get coupon!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Vendor Information

Ada yang mau ditanyakan?